Friday, December 18, 2009

MELESTARIKAN SEJARAH UNTUK MASA YANG AKAN DATANG

Sejarah merupakan peristiwa masa lampau yang sangat berguna bagi masa depan. Melalui sejarah kita bisa meramalkan kejadian yang akan datang sehingga kejadian buruk atau kesalahan masa lalu tidak terulang lagi. Melalui sejarah kita bisa mempelajari bidang ilmu sosial yang lain seperti politik, ekonomi, sosiologi dan antropologi. Sebenarnya kita dapat menjadi bagian dari sejarah dan berperan penting di dalamnya dengan cara :
• Menulis Diary, dari sisni kita dapat menulis kegiatan ataupun kejadian yang kemungkinan berperan penting di masa depan. Kejadian kemarin sudah merupakan serjarah, setidaknya untuk diri kita sendiri, jika kita menulis diary kemungkiann kita sudah memiliki pandangan ke depan dan juga inspirasi. Di dalam diary kita sendiri pastilah tertulis kebenaran sebagai bukti yang otentik walaupun banyak mengandung unsur subjektif. Sejarah yang dikisahkan itu, adalah representasi yang sah dari relita, kebenaran yang kita tulis dalam diary adalah hal yang utama. Ketika keharusan akan kebenaran itu telah dilakukan maka sejarahpun tidak lagi sekedar kisah masa lalu, tetapi juga hasil dari rekonstruksi yang dilakukan berdasarkan suatu sistem ilmu pengetahuan. Jadi diary yang kita tulis sangat berguna bagi diri kita dan orang lain. Dengan diary kita biasa mengajarkan kepada anak cucu kita kelak, melelui pengalaman dan perjalanan hidup kita.
• Mengumpulkan benda-benda antik yang memiliki nilai sejarah. Benda-benda tersebut sangat banyak tetapi dalam penggalian seringkali hanya sedikit yang ditemuakan bahkan secara tidak sengaja dalam keseharian kita menemukan salah satru benda yang memiliki nilai sejarah, kemudian kita punya kewajiban untuk mennyimpanya. Dengan begitu siapa tahu benda tersebut adalah potongan dari rangkaian objek sejarah yang terpisah. Semakin banyak kita menyimapn benda sejarah tersebut maka semakin banyak kita membantu melestarikan sejarah. Tetapi yang paling penting adalah jangan sampai kita mengambil barang bersejarah milik orang lain. Jadi melui dua hal ini diharapkan kita bisa membantu menyelamatkan sejarah. (L1L1s ’09)

No comments:

Post a Comment